Permasalahan dan Solusi yang Sering Muncul di UNBK (FAQ UNBK) 2018

FAQ UNBK 2018


Berikut adalah permasalah-permasalahan yang sering terjadi pada pelaksanaan UNBK dari sisi teknis maupun non teknis.
Semoga bermanfaat!

CBTSync
CBTSync (Simulasi 2 dan seterusnya)
  • -
    Silahkan cek kembali
    1. konfigurasi jaringan, khususnya jaringan Adaptor Bridge, sesuaikan nama device dengan nama device yang menggunakan IP dengan segmen 0 atau alamat lokal
    2. Pasang kabel LAN dan terpasang pada HUB yang menyala
    3. Jalankan UNBK Starter dan pastikan muncul tanda titik (....)
  • -
    1. Samakan waktu di Host dengan waktu yang seharusnya
    2. Replace file cbt license pada folder diatas CBTSync dengan file yang diambil melalui web unbk
    3. Pastikan fitur sharing sudah aktif
Host server
Komputer Klien
Pelaksanaan Ujian
Shared Folder
  • -
    o Klik menu device, shared clipboard, pilih bidirectional
    o Klik menu device, drag and drop, pilih bidirectional
    o Shared folder > setting shared
    o Klik logo folder dan Plus
    o Pilih other, klik tempat penyimpanan>save
    o Pilih network>vboxsvr
Virtual Box
Xambro
  • -
    Silahkan kopi folder Xambro ke komputer klien yang bisa diambil pada folder prerequisite dibagian data pendukung di web unbk.kemdikbud.go.id
  • -
    1. Pastikan hanya ada 1 server saja, 2. koneksi komputer klien hanya menggunakan LAN saja - disable/matikan adapter jaringan lainnya, 3. serta matikan firewall windows dan antivirus pada host, 4. jangan lupa settingan lokasi chrome disesuaikan
  • -
    Silahkan cek setting jaringan pada Virtual Box, pastikan NIC 1 adalah bridge dan NIC 2 adalah NAT
  • -
    Buka Task Manager dan pilih Chrome.exe, klik kanan dan klik end task, baru buka kembali Xambro, pastikan Xambro yang digunakan yang terbaru. file terdapat pada file pendukung UNBK, di web ini
  • -
    Silahkan klik kanan pada aplikasi chrome dan klik Properties, kopi alamat pada target dan hilangkan tanda kutip dua, di awal dan di akhir, contoh C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\
    chrome.exe
  • -
    defaultnya 12345
  • -
    Pastikan settingan Network pada server, adapter 1 adalah bridge dan tipenya harus disesuaikan dengan LAN yang akan diakses klien, 2. Tutup Xambro dan chrome, 3. buka kembali Xambro
  • -
    Perhatikan Kemungkinan yang terjadi ,
    a) .net framework dibawah 3.5 solusinya instal .net framework (kami sudah sediakan di folder prerequisite);
    b) File yang di copy ke client kurang dari 3 file (exambrowser.exe,exambrowser.exe.config, gma.useractivitymonitor.dll). Apabila paste file extension ke desktop jangan lupa paste shortcut ;
    c) chrome.exe yang terinstall tidak terinstall ke program files, cara mengeceknya adalah buka run command dengan cara menekan windows+R lalu tulis di textboxnya dengan chrome.exe lalu tekan ok.
  • -
    Sebelum menjalankan xambro, tutup terlebih dahulu browser yang ingin dipakai di xambro, misalnya chrome maka tutuplah chrome terlebih dahulu (jangan hanya di minimize) lalu tekan RUN di Xambro. Sedangakan Untuk browser yang pada saat di buka namun layarnya ti dak Maksimal (bukan full screen) maka maximize dulu dengan menekan tombol maximize di pojok kanan atas. Setelah itu tutup browsernya dan jalankan xambronya
  • -
    Tekan Tombol CTRL kiri+h+c+b setelah itu alt+F4

Sumber : https://ubk.kemdikbud.go.id
FAQ UNBK
Previous Post Next Post